Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) - aris sudarmawan blog

Latest

Like on Facebook

BANNER 728X90

Senin, 20 Januari 2014

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)





 
Berdasarkan Rencana Pembangunan Pendidikan Jangka Panjang periode 2010 - 2015 tentang Tema strategis bahwa pendidikan ditekankan pada pembangunan penguatan pelayanan. Setelah rasio kebutuhan dan sediaan sarana dan prasarana pendidikan nasional menjadi optimal, fokus selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan mutu pendidikan agar relevan dan berdaya saing. Sasaran dan program-program kerja yang terkait harus mampu menjawab tuntutan mutu dari kapasitas pendidikan yang semakin besar dan desentralisasi fiskal serta otonomi daerah yang semakin dewasa.

Strategi penguatan pelayanan ini merupakan milestone peralihan fokus atau penekanan dari pembangunan aspek kuantitas kepada aspek kualitas. Didampingi akses pendidikan yang semakin mudah dan akuntabilitas publik yang semakin transparan, tema mutu layanan pendidikan ini akan menciptakan para penggerak pembangunan menuju visi negara dan bangsa Indonesia yang aman, adil, dan sejahtera. Sasaran-sasaran pendukungnya antara lain implementasi dan operasi yang optimal terhadap tata nilai, Sisdur, dan koordinasi kerja yang telah terstruktur. Pada periode ini pula, Departemen Pendidikan Nasional diharapkan menjadi benchmark technocracyatau teladan di antara institusi pemerintah lainnya.
Dalam perwujudan penguatan pelayanan pendidikan salah satu aspek yang harus dilakukan adalah peningkatan profesionalisme guru dalam mengemban tugas pelayanan pendidikan kepada peserta didik di sekolah. Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Buku ini merupakan Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang disajikan untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, baik oleh guru, tim penilai, maupun pemangku kepentingan (stake holder).
Download artikel Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

  1. Buku1 Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB
  2. Buku2 Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru PKG
  3. Buku3 Permenpan reformasi birokrasi No16th2009
  4. Buku5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB
  5. Buku4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya
  6. Kerangka Peningkatan Karir Guru
  7. Jabatan fungsional Guru-AK Permendiknas No35 Tahun 2010
  8. Kompetensi BK
  9. Kompetensi Guru Kelas
  10. Penyesuaian Jabfung Guru Permendiknas No38 Th 2010